Tuesday, 26 November 2013

LAPORAN KEGIATAN ANIMASI









BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Pada awalnya, desain animasi diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.  Tapi  sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Dan kini desain animasi tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua aspek kehidupan membutuhkan desainer animasi. Di dunia pendidikan, buku-buku yang dicetak dan dipelajari anak-anak, didesain sedemikian rupa oleh seorang desainer. Begitu pula dengan dunia bisnis, brosur, logo, kartu nama, dan Desain Website, termasuk kategori desain grafis.

Desain grafis/Animasi adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain animasi, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan dan dapat mendukung desain grafis dalam menyampaikan informasi atau pesan. Atau definisi yang lainnya adalah adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
B.     Tujuan
Adapun tujuan kami mengikuti kegiatan ini adalah  untuk menambah wawasan tentang desain animasi/ desain grafis.
C.    Ruang lingkup
Dalam kegiatan ini melibatkan beberapa pihak yaitu mahasiswa Kepulauan Riau yang mewakili seluruh Universitas dan Sekolah Tinggi di Kepulauan Riau, panitia kegiatan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Riau dan nara sumber desain animasi.









BAB II
ISI LAPORAN
A.    Jenis kegiatan
Workshop Desain Karakter Animasi untuk mahasiswa se-Provinsi Kepulauan Riau.
B.     Tempat dan waktu kegiatan
Hotel Mercure Jalan Raden Patah No. 12 Batam, 7-9 November 2013.
C.    Peserta Kegiatan
Mahasiswa Kepulauan Riau yang mewakili seluruh Universitas dan Sekolah Tinggi di Kepulauan Riau.
D.    Pelaksanaan Kegiatan
a.      Pembukaan
Pembukaan kegiatan workshop desain karaketer animasi dilakasanakan pada tanggal 07 November 2013 di Hotel Mercure Jalan Raden Patah No. 12 Batam dimulai dari pukul 20.00 – 22.00 WIB. Adapun acara pembukaan kegiatan ini adalah perkenalan antara panitia dengan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dan perkenalan dengan 3 ( Tiga) nara sumber. Pemilihan ketua kegiatan mahsiswa desain animasi dilakukan dan yang terpilih adalah salah satu mahasiswa dari STIE Ibnu Sina Batam.
b.      Pemberian materi
Pemberian materi kegiatan ini dilakukan pada tanggal 08 November 2013 di Hotel Mercure Jalan Raden Patah No. 12 Batam dimulai dari pukul 08.00 – 22.00 WIB. Istirahat antara pukul 11.00 – 13.00 WIB dan 17.00 – 19.00 WIB. Adapun  yang memberi kami materi adalah Narasumber dari pusat. Narasumber memberikan penjelasan tentang pengertian animasi dan teori dasar animasi setelah memberikan teori dasar tentang animasi Narasumber langkah – langkah membuat animasi menggunakan photoshop. Adapun langkah – langkah membuat photoshop sebagai berikut :
1.      Buka file gambar dengan photoshop menggunakan perintah open atau langsung drag n drop files (Win7).
2.      Duplikat file tersebut dengan cara klik kanan pada layer background yang tadi kita buka, kemudian pilih duplicate layer, tuliskan nama layer sesukanya lalu klik ok.
3.      Secara otomatis sekarang layer yang kita duplikat tadi yang sedang aktif, pilih image pada menu  bar kemudian adjustment, desaturate.
4.      Sekarang layer tersebut menjadi desaturate sedangkan layer background tidak terdapat perubahan. (Lihat Gambar 1)
5.      Sekarang tampilkan jendela animation dengan cara klik window panda menu bar kemudian klik animation.
6.      Aktifkan kedua layer dengan cara ctrl+click pada layer background.
7.      Setelah kedua layer aktif sekarang klik pada tombol yang ditandai merah (Lihat Gambar 2) kemudian klik make frames from layers.
8.      Sekarang kedua layer yang kita siapkan tadi sudah berada di frame animation window.(Lihat Gambar dibawah)
9.      Sekarang anda dapat mengatur kecepatan pergantian frame dengan cara klik panah yang berada di sebelah [0 sec] ubah sesukanya, juga ubah loop dari once menjadi forever untuk dapat menjalankan pergantian terus-menerus. untuk menjalankan silahkan operasikan tombol play.
10.  Untuk menyimpan file jenis ini kita harus menggunakan perintah Save for Web & Devices (klik file pada menu bar) .
c.       Penutupan
Penutupan kegiatan workshop desain karaketer animasi dilakasanakan pada tanggal 09 November 2013 di Hotel Mercure Jalan Raden Patah No. 12 Batam dimulai dari pukul 08.00 – 10.00 WIB. Dalam acara penutupan ini kami melakukan doa bersama bersalam – salaman dan berfoto bersama antara mahasiswa dengan panitia dan narasumber.
E.     Hasil kegiatan
Hasil kegitan kami terlampir pada lampiran.













BAB II
PENUTUP
Demikian laporan kegiatan ini kami sampaikan, semoga dengan Kegitan Workshop Desain Karakter Animasi dapat bermanfaat secara maksimal bagi para mahasiswa yang mengikuti. Atas kepercayaan bapak ketua STAI Natuna kepada kami selaku mahasiswa STAI Natuna untuk mengikuti kegiatan ini di Hotel Mercure Jalan Raden Patah No. 12 Batam kami mengucapkan terima kasih.












No comments:

Post a Comment