Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2I6kr0OyB
Selamat datang di Blog Royan Zulfan "royanmakalah.blogspot.com". Jika anda ingin mengcopy paste makalah ini saya sarankan anda untuk mentransfer uang sebesar Rp. 20.000,00 ke rekening 328201001428507 BANK BRI ATAS NAMA ROYAN BASTIAN, setelah itu anda bisa menghubungi nomor HP. (085355476373). Selain dari itu anda bisa mengklik link ini http://www.cashforvisits.com/index.php?refcode=325937 dan anda harus menregister untuk menjadi member. Terima Kasih semoga blog ini bisa membantu anda.

Rabu, 24 Oktober 2012

PASAR BEBAR DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH


BAB I
PENDAHULUAN

Persaingan pasar bebas yang membuat Produsen-produsen kecil semakin dilema untuk menghadapi. Dengan modal yang pas-pasan kadang membuat takut merugi untuk memulai. Karena tidak siap menghadapi persaingan pasar bebas yang begitu cepat secara modern. Apa yang terjadi banyak pemodal-pemodal kecil gulung tikar akibat derasnya perdagangan bebas yang di terapkan oleh kebijakan pemerintah.
Kembali paradigma pemerintah untuk menyiasati products dalam negeri supaya tetap eksis seperti yang sudah-sudah. Dengan pertumbuhan perekonomian yang begitu cepat yang terjadi di negara lain seperti negara China yang mana membuat produsen-produsen kecil di Indonesia sendiri seakan kehilangan separuh napas bahkan seolah-olah mati terlindas oleh kebijakan pemerintahan sendiri yang tidak sepenuhnya membela product dalam negeri. Ironis dikala Pemerintah menerapkan kepada rakyat Indonesia untuk mengencangkan ikat pinggang sekencang-kencangnya, tetapi sebaliknya apa yang terjadi mereka sendiri yang melonggarkan ikat pinggangnya dengan menggelembungkan perut lewat korupsi dimana-mana dari jajaran pemerintahan level tinggi sampai level bawah. Hina dan memalukan.
Bertambahlah sudah kaum miskin di negeri ini karena kebijakan pemerintah yang kurang pandai mengatur perekonomian serta kurangnya kepedulian pemerintah terhadap kaum miskin. Products dari sektor otomotif, makanan serta pakaian bekaspun kita harus mengimportnya dengan harga yang begitu murah dibanding harga products dalam negeri. Sehingga hancur leburlah products dalam negeri.
BAB II
PEMBAHASAN

A. Pandangan Tentang Pasar Besar

Pada abad yang lalu Adam Smith telah megemukakan suatu pandangan yang pada hakekatnya menyetakan bahan kegiatan dalam prekonomian tidak perlu di atur oleh pemerintah.Menurut Adam smith apa bila setiap induvidu dalam masyarakat diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan ekonomi yang di ingin mereka maka kebebasan untuk mewujudkan efesiensi yang tinggi dalam kegiatan ekonomi Negara dan dalam jangka panjang kebebasan tersebut akan mewujudkan pertumbuhan akan ekonomi yang teguh dan mantap.Dengan perkatan lain, Menurut Adam Smith apa bila pemerinta tidak secara aktif terlibat dalam mempengaruhi kegiatan ekonomi,maka perekonomian tersebut tersendirinya mengatur dan membuat penyesuaian didalam berbagai aspek kegiatan ekonomi.,Dalam analisis ekonomi yang dapat pada masa ini, sistem ekonomi seperti yang diterangkan oleh Adam Smith di atas dinamakan sebagai? Sistem Ekonomi Pasar Bebas. Dalam sistem ekonomi ini kegiatan-kegiatan dalam perekonomian sepenuhnya diatur oleh mekanisme pasar atau invisible hand.


Sistem ekonomi dapat bedakan menjadi 3 bagian yaitu :

· Ekonomi Pasar Bebas
· Ekonpmi campuran
· Ekonomi perencanaan pusat.


            Ahli-ahli  ekonomi berkeyakinan bahwa sistem pasar bebas merupakan sistem ekonomi yang mewujudkan kegiatan ekonomi yang paling efisien dan kemakmuran masyarakat yang paling optimum. Pandangan ini di pelopori oleh Adam Smith yang di kemukakan dalam buku “(An Inguary Into The Natur end of thewealth of Nation)” yang terbitkan pada tahun 1776 . Menurut pandangan pengaturan kegiatan sesuatu perekonomian yang tidak perlu jalankan oleh pemerintah, karena,”InvisibleHand”yaitu mekanisme pasar, dapat terwujudnya kegiatan –kegiatan ekonomi yang efisien dan makmuran masyarakat yang optimum.








            Kritik dan kesadaran tentang kelemahan-kelemahan sisten pasar bebas telah mendorong perintah untuk melakukan lebih banyak campuran tangan dalam kegiatan . kritik yang paling ekstrim, terdapat sistem pasar bebas telah mewujudkan sistem ekonomi perencanaan pusat. Dalam sistem perencanaan pusat, Dalam sisten perencanaan cocok kegiatan dan jenis barang yang akan diproduksikan sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah di atur perencanaan pusat.


            Pandangan pengkritik –pengkritik lain efisiensi pasar bebas tidaklah seekstrim seperti golongan yang menyokong penghapusan sistem pasar bebas dan mengantikannya dengan sistem perencanaan pusat. Sistem Pasar Bebas mempunyai beberapa kelemahan yang menim bulkan akibat buruk terhadap efisiensi kegiatan ekonomi dan kesejahteraan khalayak ramai. Sistem ekonomi dimana pada umumnya sistem pasar bebas tetap diberi kesempatan untuk berfungsi tetapi dibidang-bidang tertentu pemerintah secara aktif mengatur atau menjalankan kegiatan ekonimi dinamakan “Sistem Ekonomi Campuran.

B. CORAK KEGIATAN EKONOMI PASAR BEBAS
Dalam teori Permintaan dan Penawaran dan dalam analisis kelakuan konsumen telah diterangkan interaksi diantara penjual dan pembeli dalam menentukan jenis barang dan jumlah barang yang diperlukan diproduksikan.

a. Analisis Keseimbangan sebagian dan umum
Analisis yang dinyatakan diatas dinamakan analisis keseimbangan sebagian atau partial “Eqilibrium analisis,yaitu analisis kegiatan ekonomi dibuat secara bersaingan tanpa memperhatikan hubungan kait – mengait berbagai kegiatan aspek kegiatan tersebut. Analisis yang merangkumi intraksi berbagai kegiatan dalam ekonomi dinamakan “Analisis Keseimbagan Umum atau General Equilibrium Analisis.”

            Berdasarkan sirkulasi aliran pendapatan, Interaksi diantara sector Perusahaan dan Rumah Tangga dapat dibedakan menjadi dua bentuk interaksi yang utama yaitu interaksi dipasaran barang dan interaksi dipasar faktor.









b. Analisis Keseimbangan Sebagian Pasar Barang dan Pasar Faktor

Dalam suatu perekonomian pasar keinginan konsumen penting peranannya dalam menentukan corak kegiatan ekonomi. Keinginan konsumen akan memberikan petunjuk kepada perusahaan-perusahaan dalam menentukan jenis barang dan jasa-jasa yang perlu diproduksikan dipasar. Corak kegiatan ekonomi yang akan diwujudkan dalam suatu perekonomian pasar bebas terutama ditentukan oleh interaksi diantara sektor perusahaan dan sektor rumah tangga dipasar barang Keseimbangan yang dicapai dalam pasar barang tersebut akan menentukan corak permintaan keatas factor – faktor produksi dalam analisis ini misalkan hanya satu factor produksi yang digunakan yaitu tenaga kerja.

c.Analisis Keseimbangan Umum Intraksi diantara Berbagai Pasar.
Intraksi antara perusahaan-perusahaan dengan pemilik - pemilik faktor produksi dipasar faktor akan menentukan harga faktor produksi yang ditawarkan dan jumlah setiap factor produksi yang digunakan. Keseimbangan diberbagai pasar faktor akan menentukan pendapatan berbagai pasar faktor akan menentukan pendapatan berbagai rumah tangga dan corak distribusi pendapatan dalam perekonomian.

C. KEBAIKAN EKONOMI PASAR BEBAS
Ahli – ahli ekonomi berkeyakinan bahwa ssstem ekonmi pasar mempunyai beberapa kelebihan dan keistimewaan jika dibandingkan dengan sistem – sistem ekonomi yang pasar bebas adalah :

Ø   Faktor – factor Produksi akan digunakan dengan efisien
Ø   Kegiatan – kegiatan ekonomi dalam pasar diatur dan diselaraskan dengan efisien
Ø   Pelaku kegiatan diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan ekonomi yang disukai
Ø   Pertumbuhan ekonomi yang teguh akan dapat diwujudkan.

I. Efisiensi Penggunanaan Faktor – Faktor produksi.

            Sistem ekonomi Pasar Bebas pada hakikatnya merupakan perekonomian yang terdiri dari pasaran – pasaran barang yang bersifat persaingan sempurna. Dalam pasar persaingan sempurna telah jelas bahwa setiap perusahaan dapat mencapai Efisien Alokatif dan Efisien Produktif.

                          




a. Efisiensi Alokatif.

            Suatu perusahaan untuk mencapai efisiensi alokatif apbila tingkat harga ongkos marginal. Apabila keadaan ini dicapai maka kemakmuran masyarkat dalam pasaran persaingan yang sempurnakan mencapai maksimum.

b. Efisiensi Produktif

            Untuk mencapai efisiensi produktif, Ongkos Produktif perusahaan-perusahaan dalam pasaran mestilah mencapai ongkos produksi yang minimum yaitu titik yang paling rendah. Perusahaan monopoli memperoleh keuntungan lebih dari normal. Jumlah produksi adalah dibawah produksi yang kapitalisme penuh dan ongkos produksi adalah lebih tinggi dari maksimum.

II. Kebaikan – kebaikan lain

Sistem ekonomi pasaran bebas mempunyai dua jenis efisien yaitu efisien alokatif dan efisien produktif, sistem ekonomi pasar bebas mempunyai beberapa kebaikan yang terpenting adalah :
·         Dapat secara efisien menyelaraskan berbagai kegiatan – kegiatan ekonomi
·         Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang teguh dalam jangka panjang
·          Setiap pihak ( Produsen atau konsumen ) mempunyai kebebasan dalam memilih kegiatan ekonomi yang ingin dijalannya dan membeli barang dan jasa yang ingin dinikmatinya.

a. Menyelaraskan kegiatan ekonomi dengan efisien

            Perekonomian pasar terdiri dari berbagai jenis pasar yaitu berbagai pasar bahan makanan, bahan pertanian lain. Barang pertambangan, berbagai bahan jenis, berbagai bahan industri dan berbagai jenis jasa – jasa.Perbandingan dan pengamatan yang dilakukan keatas berbagai system ekonomi yang menunjukan bahwa ssstem ekonomi pasar bebas merupakan sistem yang paling cangih dalam mengatur operasi suatu ekonomi dan mewujudkan penyesuaian – penyesuaian sebagai akibat perubahan beberapa pasar.










b. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang efisien

Produktifitas individu akan dapat ditingkatkan dan ini akan memberikan sumbangan penting kearah pertumbuhan ekonomi yang cepat dan teguh. Pasar juga menggalakkan individu-individu untuk melakukan pembaharuan-pembaharuan ( inovasi ) dalam kegiatan ekonomi supaya mereka mampu bersaing dengan pihak-pihak lain dan  untuk mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang lebih besar dari kegiatan ekonominya.

c. Kebebasan Dalam Melakukan Kegiatan Ekonomi

            Khalayak ramailah yang akan mementukan jenis – jenis barang yang perlu diwujudkan dan diberi kebebasan untuk menentukan keinginan mereka, keinginan mereka inilah yang seterusnya akan menentukan corak kegiatan ekonomi yang akan diwujkudkan dipasar. Perusahaan – perusahaan juga mendapat kebebasan yang luas dalam menjalankan kegiatan mereka dan terdapat kebebasan kepada setiap perusahaan untuk menentukan jenis barang yang akan diproduksikannya.

D. KEGAGALAN PEREKONOMIAN PASAR BEBAS

            Beberapa Kegagalan Sistem Pasar Bebas bersumber dari ketidakmampuan sistem pasar untuk mengatur kegiatan ekonomi seefesien seperti yang diharapkan. Dalam kegiatan ekonomi yang sebenarnya terdapat beberapa bentuk kegagalan dari sistem pasar untuk mewujudkan kegiatan ekonomi yang teguh dan efisien. Kegagalan tersebut terutama bersumber dari faktor – faktor sebagai berikut :


·         Akibat – akibat ekstern (eksternaliti) yang merugikan
·         Kekurangan produksi barang publik dan barang merit
·         Kewujudan kekuasaan monopoli dalam pasar
·         Kegagalan membuat penyesuaian degan efisien
·         Distribusi pendapatan tidak setara










a. Akibat – akibat Ekstern Yang Merugikan

            Untuk memahami arti konsep akibat-akibat ekstern yang perlu ada perbedaan antara ongkos pribadian, ongkos sosial. Yang dimaksud dengan ongkos pribadi adalah ongkos yang dibelanjakan oleh produsen keatas faktor-faktor produksi yang digunakan untuk mewujutkan barang yang dihasilkannya.

            Sedangkan ongkos sosial adalah perbelanjanan penanam musah tanaman yang digunakan ongkos-ongkos lain yang mesti dibayar masyarakat seperti kerugian kematian didalam ssstem irigasi sebagai akibat penggunaan obat pembasmi penyakit tanaman.

b. Akibat Buruk Kegiatan Monopoli

            Sistem Pasar Bebas sempurna adalah sistem ekonomi yang ideal yang dalam prakteknya tidak akan wujud. Pasar persaingan sempurna diberbagai kegiatan ekonomi adalah ciri utama dari sistem ekonomi pasar bebas, dan dalam prakteknya tidak satu jenis pasar barang pun boleh digolongkan sebagai pasar persaingan sempurna.

c. Masalah Mewujudkan Penyesuaian Yang Segera dan Efisien

            Faktor-faktor produksi yang berbeda kwalitasnya adalah beberapa faktor yang dapat merugikan operasi mekanisme pasar. Dalam pasar terdapat berbagai jenis kegiatan (Rigidities) yang menyebab penyesuaian akan berlaku secara perlahan atau tidak berlaku
sama sekali.

d. Ketidak Setarasan Distribusi Pendapatan

            Kelemahan penting dalam sistem pasar bebas adalah kecenderungannya untuk mewujudkan distribusi pendapatan yang semakin tidak setara apabila perekonomian semakin berkembang. Perekonomian pasar cenderung untuk memberikan ganjaran yang lebih besar kepada pihak-pihak yang mempunyai kemampuan untuk bekerja lebih giat dan lebih efisien. Golongan yang pendapatannya lebih rendah ini biasanya merupakan golongan yang terbesar. Tujuan dari kegiatan setiap perekonomian adalah mewujudkan keadilan ekonomi yaitu setiap golongan dari individu dalam masyarakat dapat menikmati
hasil –hasil kegiatan secara merata







E. CAMPUR TANGAN PEMERINTAH

            Dari kelemahan-kelemahan mekanisme pasar yang telah di uraikan dibagian sebelumnyaIni dapat simpulkan bawah campuran tangan pemerintah mempunyai beberapa tujuan penting seperti yang dinyatakan adalah sebagai berikut:


1.Mengawasi agar akibat ekstern kegiatan ekkonomi yang merugikan dapat kehindari      atau akibat buruk dapat kurangi
2 .Menyediakan barang publik yang cukup hingga masyarakat dapat memperoleh barang tersebut mudah dan dengan ongkos yang murah
3 . Mengawasi Kegiatan-kegitan perushan terutama perusahan yang besar mempenyaruhi pasaar, agar mereka tidak mempunyai perusahan menopoli merigikan khalajak ramai.
4. Menjamin agar kegiatan ekonomi yang dilakukan tidak menimbulkan penindasan dan ketidaksetaraan di dalam masyarakat.
5. Memastikan agar pertumbuhan ekonomi dapat diwujud kan dengan efesien.

Adapun campur tangan pemerintah secara langsung

Salah satu fator penting yang mendorong pemerintah ikut secara langsung menjalankan kegiatan ekonomi adalah untuk mnyediakan barang bersama atau barng publik. Disamping penggunaannya dilakukan secara bersama, sifat penting lainnya barang public adalah bahwa pemvayaran sangat sukar dipungut dari para penggunanya.


BAB III
P E N U T U P

Diamati keadaan ekonomi yang sebenarnya dengan mudah akan dapat disadari bahwa berbagai pasar dalam perekonomian mempunyai hubungan yang erat satu sama yang lain. Ini bukan saja benar untuk barang-barang yang mempunyai perhubungan yang rapat, seperti barang pengganti dan barang penggenap. Maka dari itu system pasar bebas harus didukung dan diawasi karena bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kalanaganpenjual dan pembeli.

Demikian lah makalah ini di buat dan untuk dibahas secara bersama, jika ada kesalahan kami mohon maaf.

“Assalammualaikumwaramatullahhiwabarakatuh
DAFTAR PUSTAKA
Sukirno, Sadono. Pengantar Mikro Ekonomi . 1994 : Jakarta



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar